Beranda » News » Belajar Membuat Kokedama di D’kandang

membuat kokedama

Sudah pernah belajar menanam tanman hias? Kalu biasanya sahabat menanam tanaman hias itu di pot, kali ini sahabat dapat belajar menanam tanaman hias tapi tidak di pot. Haaah bukan di pot??? Terus dimana?

Nah sahabat d’kandang sekarang bisa belajar membuat sendiri tanaman hias dan menanamnya bukan di pot tapi di buat seperti bola dengan media tanam tertentu. Dibuat seperti bola kaya gimna sii? Aku kok bingung? Daripada bingung-bingung yuk kita kenalan sama teknik menanam yang satu ini.

Yup namanya kokedama. Sahabat dapat belajar membuat kokedama di d’kandang amazing farm nah sahabat tau gak sii apa itu kokedama dan bagai mana membautnya??

Yuk cari tau…

Kokedama adalah teknik menanam dengan media tanam lumut. Cara ini merupakan seni tradisional asal Negeri Matahari Terbit, Jepang. Kokedama biasa disebut juga dengan bola lumut Jepang. Tanah yang ditanami benih lumut lalu dibentuk bulat (biasanya sebesar tempurung kelapa). Kalau kebanyakan dari kita menggunakan pot sebagai media tanam, maka kokedama adalah seni menanam tanpa pot. Justru bola lumut itulah yang berperan sebagai tempat tumbuh tanaman.

 

Saat ini, kokedama populer di taman-taman yang ada di Jepang. Selain karena bentuknya yang unik dan lucu, teknik pembuatannya pun tak kalah menarik. Walau kelihatannya hanya sebuah bola tanah yang dibungkus dengan lumut, namun terdapat sisi seni dalam teknik pembuatan tersebut. Itulah sebabnya media tanam ini sering disebut “seni kokedama” sehingga dalam pembuatannya dapat dilihat segi kreativitas si gardener. Nah, biasanya karakteristik dari kokedama meliputi asimetri, kasar, ekonomis, dan simpel .
Selain itu, kokedama juga menjadi tanaman organik indoor favorit karena tidak menggunakan pot plastik dan lebih mudah daripada bonsai, karena bisa menggunakan tanaman dengan beragam jenis, tidak harus spesies dengan habitus pohon.

 

Bagaimana cara membuatnya ? ini dia langkah-langkah yang cukup mudah dan bahan yang sahabat perlukan:

Bahan :

  1. Tanaman yang tidak besar.
  2. Tanah/media. Sahabat bisa gunakan kompos dan tanah liat dengan perbandingan 1:1 atau sama banyaknya.
  3. Sphagnum moss kering, kamu bisa membelinya di toko tanaman.
  4. Gunting
  5. Benang jahit
  6. Tali kasur
  7. Lumut (kalau di pekarangan tidak ada, kamu bisa membelinya juga di toko tanaman)
  8. Air dengan penyemprot

 

Langkah pembuatan kokedama :

  1. Buang tanah yang menempel pada akar tanaman, hati-hati jangan merusak akarnya.
  2. Campur kompos dan tanah liat, tambahkan air jika di perlukan untuk membentuk bola.
  3. Kompos dan tanah liat yang sudah tercampur dengan baik, di buat membentuk bola. Sesuaikan besaran bola dengan besar tanaman yang akan di tanam.
  4. Bungkus akar tanaman dengan sphagnum moss kering dan ikat dengan benang jahit, ikat sekedarnya saja jangan terlalu kencang.
  5. Buat lobang di bola tanah tadi, ukuran lobang disesuaikan dengan akar tanaman yang akan di masukkan kedalam lobang tersebut.
  6. Tutup akar dengan tanah dan tekan seperlunya supaya tanaman tertanam dengan sempurna, dan bola tanah tidak rusak.
  7. Ambil lumut dan tutupkan pada seluruh permukaan bola tanah, lumut ini yang nanti akan tumbuh dan menjadikan bola tanah tertutup lumut, dan terlihat cantik.
  8. Ikat bola tanah yang sudah tertutup lumut menggunakan tali kasur untuk menjaga bola tanah tidak rusah dan lumut tetap ditempatnya.
  9. Jika sahabat akan menggantungnya, buat tali seperti keranjang untuk menahan bola tanah. Setelah itu gantunglah diarea yang tidak terkena matahari langsung, semprot dengan air secukupnya untuk mempercepat lumut tumbuh dan tanaman hidup dengan subur.

Jika sahabat tidak suka menggantungnya, sahabat bisa meletakkanya di papan kayu atau landasan dari batu.

Nah gimana sahabat sudah bisa? Tertarik untuk mencoba? Yuk datang ke d’kandang dan praktek langsung membuat KOKEDMA

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.